Yuk, kenalan sama sel

Nah temen-temen… di rubrik Our Body ini, kita akan sama-sama belajar tentang bagaimana sih sistem organ-organ tubuh ini bekerja. Ternyata hampir seluruh mekanisme kerja organ tubuh kita mulai dari yang berukuran mikroskopis sampai organ terbesar sekalipun, mempunyai karakteristik yang sangat unik dan proses kerja yang rumit. Rumit ?! Njelimet dong ! Duh, kebayang deh gimana ruetnya tuh, belum lagi nantinya banyak istilah-istilah luar angkasa kayak adenosintrifosfat, reticulum endoplasma, tubulus seminiferus, yeyunum, ileum, glomlulus, eh salah, glomelu bleh bleh beh… ugh ! sampe’ keseleo lidah niy ! Tapi jangan kuatir, istilah-istilah itu nantinya bisa diminimalisir. Jadi, walaupun sangat ilmiah, tapi aktifitas yang terjadi dlm tubuh kita bisa disajikan secara sederhana, menarik, dan mudah dicerna.

Okey, langsung aja ya… -) We’re beginning from cell.

SEL

138


Tepatnya pada tahun 1963, seorang ilmuwan dari Inggris membuktikan bahwa tubuh makhluk hidup terdiri atas satuan-satuan terkecil yang kemudian dinamakan sel. Sejak itu, banyak ilmuwan lainnya mendalami penelitian mengenai sel sehingga lahirlah satu cabang ilmu pengetahuan baru yang disebut sitologi. Cabang ilmu ini, telah menemukan berbagai keajaiban yang terjadi dalam setiap sel makhluk hidup.

Sebenarnya segala kegiatan sehari-hari terjadi pada tingkat sel. Sebagai contoh, pada saat temen-temen memegang dan menggeser mouse untuk mengarahkan kursornya, sel-sel otot tangan lah yang bekerja. Sewaktu membaca tulisan di layar monitor ini, sel batang (rod) dan sel kerucut (cone) mata lah yang menerima bayangan huruf-huruf tulisan ini lalu mengirimkannya ke otak untuk diterjemahkan di sana. Sewaktu memikirkan makna kalimat ini, sel-sel otak lah yang menimbulkan pengertian.

Agar lebih mudah memahami struktur dan mekanisme kerja sel, kita bisa menganalogikan sel layaknya kota metropolitan. Why… ?

Jadi gini, seseorang yang mengamati sel secara sepintas di laboratorium akan “tertipu” oleh penampilannya yang begitu sederhana, seolah-olah tampak mati dan kaku. Sebenarnya masing-masing sel dalam tubuh kita bagaikan kota metropolitan yang tidak henti-hentinya disibukkan oleh berbagai jenis kegiatan.

Sebagaimana layaknya kota metropolitan, setiap sel memiliki ratusan sampai ribuan buah generator tenaga dan pabrik bahan bakar, sistem transportasi, jaringan komunikasi yang rumit, dan sistem penghancur maupun pembuangan sampah. Sel juga memiliki pabrik mutakhir yang menghasilkan beraneka ragam produk. Untuk pengoperasian pabrik ini diperlukan sistem impor untuk memasukkan bahan baku tertentu dari luar sel serta sistem ekspor untuk mengirimkan produk jadi yang akan digunakan sel lainnya.

Di dalam sel, terdapat juga sistem pertahanan dan keamanan yang menjaga keamanan lingkungan dalamnya serta sistem pertahanan yang melindunginya dari ancaman yabg datang dari luar. Di samping itu, tentunya juga ada sistem pemerintahan. Akan tetapi, sistem pemerintahan ini lebih cenderung kaku dan bersifat diktator karena tidak sesuatu pun dapat terjadi dalam sel tanpa komandonya.

Ada satu kemampuan sel yang cukup unik. Ia mampu menghancurkan tubuhnya sendiri. Ia memiliki kantung-kantung kecil yang mengandung zat penghancur. Kantung ini akan pecah sewaktu sel tersebut mati lalu melepaskan isinya yang kemudian akan menghancurkan srtuktur sel tersebut. Inilah salah satu penyebab membusuknya makhluk hidup yang telah mati.

One thought on “Yuk, kenalan sama sel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s