MEMBINA GIGI SEHAT

tooth_brush

Dulu waktu aku SD, sempet ada iklannya Pepsodent yang kayak gini, “ Gimana sih rasanya sakit gigi? Katanya sih, lebih sakit dari pada sakit hati. “

By the way anyway busway, Alhamdulillah… aku seumur hidup baru sekali sakit gigi. Waktu masih kecil banget. Jadinya aku sendiri juga lupa rasa sakitnya gimana. Tapi berdasarkan testimony beberapa korban kekejaman serangan “lara untu” (baca: sakit gigi), termasuk my mother, katanya suuuuuaaaaaakit buangeeet… ( ih…lebay deh nulisnya… )

Nah, jadi bagi temen2 yang belum pernah sakit gigi maupun yang pernah sakit gigi, bahkan yang sekarang lagi sakit gigi… nih ada beberapa upaya buat menjaga kesehatan gigi. Semuanya tercakup dalam butir-butir di bawah ini yang huruf awalnya membentuk kata “GIGI SEHAT”.


Gosok gigi secara telaten dan teratur setiap selesai makan. Beberapa menit yang digunakan untuk membersihkan gigi setiap harinya adalah bagaikan saham yang akan kembali dalam jumlah yang berlipat ganda. Walaupun hanya sedikit, sisa-sisa makanan yang tertinggal di celah-celah gigi ini dapat menghidupi jutaan bakteri.

Ingat, gigi pun perlu “berolahraga” untuk memperkuat struktur-struktur pendukungnya. Untuk mengolahragakan gigi, makanlah sayuran mentah dan buah yang keras seperti ketimun, tomat, wortel, apel, dan salak.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride sebab fluoride berguna untuk memperkuat email gigi dan membuatnya lebih tahan asam.

Ikuti logika ketimbang nafsu makan sewaktu mengkonsumsi makanan manis. Gula adalah makanan utama materi pembusuk gigi. Dengan tersedianya suplai makanan yang cukup, bakteri akan semakin aktif dan cepat berkembang biak sehingga semakin besar pula kerusakan gigi yang ditimbulkannya.

Setelah jajan pun, celah-celah gigi perlu dibersihkan walau hanya dengan berkumu, jika kondisi dan situasi tidak memungkinkan untuk menggosok gigi.

Entah bagaimana pun besarnya perasaan “jijik” yang timbul, minumlah satu dua gelas air putih segera setelah bangun pagi sebelum menggosok gigi, bukan sesudahnya. Sebab bakteri yang tinggal dalam mulut semalaman akan menghasilkan vitamin B12, yaitu suatu vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Hampir tidak ada zat atau metode biasa yang dapat membunuh semua bakteri yang ada dalam mulut. Tujuan utama dalam membersihkan mulut dan gigi adalah untuk mengurangi seminimal mungkin jumlah bakteri yang tinggal di dalam mulut, terutama jenis yang mengancam kesehatan gigi.

Ambil tindakan yang cepat jika gusi selalu berdarah setiap kali menggosok gigi. Sebab penyakit gusi yang dibiarkan berlarut-larut akan dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih parah. Segera temui dokter gigi jika ini terjadi.

Tentukan jadwal rutin untuk mengunjungi dokter gigi. Gigi Anda perlu menjalani pemeriksaan secara teratur. Dianjurkan sedapat mungkin pemeriksaan rutin ini dilakukan setiap 6-12 bulan. Proses pembusukan gigi akan dapat merajalela jika terlambat dihentikan. Sekali merajalela, pembusukan ini akan terlalu terlambat untuk dihentikan.

Okey temen-temen, selama kita hidup, gigi tidak akan pernah mati sendiri. Gigi akan selalu mati terbunuh karena kelalaian pemiliknya. Mari kita usahain agar gigi kita adalah gigi yang sehat karena gigi yang sehat jauh lebih baik daripada gigi palsu emas atau gigi palsu platina sekali pun.

Sumber : “Keajaiban-Keajaiban dalam Tubuh Manusia” karya Dr. Albert M. Hutapea, MPH


2 thoughts on “MEMBINA GIGI SEHAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s