Ahlul Fajr

Di dunia ini, ada sekelompok orang yang jejak-jejak waktuhya diberkahi oleh Allah SWT. Wajah mereka bersinar. Jiwanya lapang, penuh semangat dan optimis. Tubuhnya pun terlihat lebih sehat. Jika kita termasuk kelompok orang-orang itu, bersyukur dan pujilah Allah SWT. Tapi, apabila kita tidak termasuk golongan mereka, segeralah bergabung dengan kafilah mereka. Siapakah mereka ?


Saudaraku,

Mereka disebut ahlul fajr. Atau orang-orang yang bangun dan melakukan shalat shubuh berjamaah di masjid. Mereka adalah orang-orang yang menyambut seruan Allah “ Hayya ‘alasshalaah…hayya ‘alal falaah.” Mereka yang tergerak hatinya dengan panggilan Allah, “Ash shalatu khairun minannaum… “ Mereka yang gerak-geriknya di waktu pagi diawasi oleh Malaikat Allah.

“Sungguh (membaca) Al Quran di waktu fajar disaksikan (oleh para Malaikat). “ ( QS Al Isra : 78). Merekalah yang mendapatkan cahaya di saat gelap gulitanya hari akhir seperti dilukiskan Rasulullah SAW, “ Beritakanlah kabar gembira untuk orang-orang yang berjalan di waktu gelap ke masjid, dengan cahaya sempurna di hari Kiamat. “ (HR. Turmidzi). Merekalah orang-orang yang mendapatkan doa dari Rasulullah. SAW, Allahumma barikli ummati fi bukuurihaa… “ (HR. Bukhari dan Muslim). “ Ya Allah, berkahilah umatku dalam waktu paginya. “

Bagaimana rasanya bila ada hamba Allah yang termasuk dalam do’a Rasulullah SAW ? Mereka, para ahlul fajr, telah menang dan unggul dengan membawa pahala yang sangat besar. Bersyukurlah atas pertolongan dan kasih sayang Allah SWT untukmu wahai ahlul fajr, karena kalian memperoleh pahala ibadah yang sulit diperoleh oleh orang lain. Rasulullah SAW bersabda kepadamu, “ Barang siapa shalat Isya’ dengan berjamaah maka ia seolah shalat separuh malam. Dan barang siapa yang shalat shubuh berjamaah, maka ia seperti shalat sepanjang malam. “ (HR Muslim).

Saudaraku,

Merekalah yang akan mendapat kenikmatan melihat Wajah Allah SWT di surga. Rasulullah bersabda, “Kalian akan melihat Tuhan kalian seperti kalian melihat bulan ini… Jika kalian mampu, janganlah kalian lewatkan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya. Lalu Rasul SAW membaca, “ Wa sabbih bi hamdi rabiika qabla thuluu’i asyamsi wa qabla ghuruuriha. “ (QS. Qaf: 9). Dan bertasbilah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya. (HR Bukhari dan Muslim).

Saudaraku,

Mereka adalah orang-orang yang dipelihara dan dilindungi oleh Allah SWT. Hati mereka lapang, dan bersih, lalu tubuh mereka bersemangat dan kuat. Rasulullah SAW bersabda, “ Barang siapa yang shalat Subuh maka ia ada dalam lindungan Allah. “ (HR Muslim). Rasulullah SAW juga bersabda, “Syaiton mengikat kepala salah seorang kalian jika ia tidur dengan tiga ikatan. Di setiap ikatan, syaitan mengatakan “ malam masih panjang tidurlah. “ Bila orang itu bangun dan berdzikir kepada Allah, terlepaslah ikatan itu. Dan bila ia berwudhu, maka terlepas lagi ikatannya. Lalu, bila ia shalat, terlepaslah seluruh ikatannya. Lalu ia menjadi lebih dinamis, semangat dan hatinya cerah.“ (Muttafaq alaih)

Sumber : Majalah Tarbawi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s