Mempertajam Penglihatan dengan Senam Mata

sumber : http://www.gayahidupsehatonline.com

Salah satu organ penting panca indra kita adalah mata. Sayangnya, kesibukan dan rutinitas kerja membuat kita lupa mengolahragakan mata. Olahraga mata artinya menggerakkan mata dengan gerakan tertentu untuk meningkatkan kemampuan mata itu sendiri. Tujuannya untuk menghindari berbagai gangguan pada mata, seperti penyakit rabun dekat, rabun jauh, mata terasa kabur, mata pedih, dan mata merah.

Senam mata sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan mata saat bekerja, seperti akuntan, ilmuwan, penjahit, pencinta buku, penulis, pelajar, ahli komputer, dan siapa pun yang banyak memanfaatkan matanya. Senam ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri, duduk, berbaring, maupun kondisi mata terpejam.

“Sebaiknya sebelum dan setelah melakukan gerakan senam mata, gosok-gosok telapak tangan sampai panas. Kemudian tempelkan telapak tangan di mata selama 2,5 menit

Gerakan-gerakannya:

1. Kepala tegak lurus ke depan. Arahkan pandangan mata ke atas (langit-langit), kemudian melihat ke lantai. Lakukan gerakan ini secara perlahan-lahan dan mantap 5-10 kali setiap hari.

2. Gerakkan bola mata ke kiri dan ke kanan. Usahakan seperti ingin melihat telinga. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap harinya.

3. Gerakkan bola mata ke atas. Tahan bola mata di atas. Kemudian gerakkan ke kiri atas dan ke kanan atas. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari.

4. Gerakkan bola mata ke bawah dan tahan di bawah. Kemudian gerakkan bola mata ke kiri bawah dan ke kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap harinya.

5. Gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah pada sudut-sudut yang berlawanan (selang-seling), dimulai dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah. Lakukan gerakan ini sebanyak 5-10 kali setiap hari.

6. Gerakkan bola mata seperti pada gerakan sebelumnya, tetapi dimulai dari pojok kiri bawah ke pojok kanan atas.

7. Putar bola mata ke kiri searah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Kemudian, putar bola mata ke kanan, berlawanan dengan arah jarum jam sebanyak 5-10 kali. Lakukan gerakan tadi sebanyak 5-10 kali.

catatan: pada saat akan berganti di putaran ke kiri, hentikan dulu dan pejamkan mata selama 5-10 detik.

7 thoughts on “Mempertajam Penglihatan dengan Senam Mata

  1. Apa tu bisa digunakan buat nyembuhin minus ato silinder juga ya?
    Soalnya mata aq udah ga normal lagi. Kakan silinder, kiri minus😀

  2. Emm.. klo untuk normal lagi, mungkin sulit, ya… apa lagi klo minusnya udah banyak. Cuman senam mata ini buat mengantisipasi agar minus atau silindernya gak nambah. Senam ini bagus buat merelaksasikan otot-otot di sekitar mata dan memperlancar peredaran darah ke mata sehingga gejala pusing-pusing akibat terlalu lama baca, terlalu lama di depan komputer ataupun aktivitas lain yg membuat kerja mata kita terforsir, bisa teratasi.

  3. Aku juga gak tau pasti bisa atau tidak. Yang pasti, senam mata bisa dijadikan sebagai tindakan preventif dari berbagai gangguan mata. Tapi klo udah terlanjur silinder, apa lagi udah gede bgt silindernya. Ya… susah teratasi. Setahuku, ada sih, yg buat menyembukan silinder, minus, n gangguan mata lainnya. Yaitu dgn terapi sinar laser. Cuman resikonya itu, klo gagal, bisa buta.

  4. Bismillah…
    fhiuuh…boleh jugha atuh…neng…
    tapi aQ jadi inget ma temenQ di Ramadhan kemaren nich…
    setiap paghi ambil nunggu menu sahur si dia jugha biasa
    “SENAM JARI-not senam mata”
    loh apa ada??? dia jawab: ini nih tulis SMS buat temen2 di seberang sana…
    wah berabe jugha tuh anak (katanya biar cepet ntar klu sahur…hehehe…)
    afwan klo cuman cengengesan,…)

    Walhamdulillah…

  5. aku dah cobain barusan… lumayan krasa juga efeknya, dikit hehe, mungkin karena baru skali.. :p Tapi buat penglihatan kita, lengkapi juga dgn pola hidup yg baik n konsumsi suplemen buat mata pastinya..

    — visit http://m.rujakasik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s