Ada Pemulung Kecil di Jurusanku

Kemarin hari Jumat, sebenarnya aku kuliah jam tiga. Cuma karena ada mentoring jam 11, akhirnya aku datang jam segitu. Sampe’ di kampus, aq dapet sms dr temenq. Ternyata hari itu gak ada mentoring. Padahal aku selalu semangat klo mentoring ( ceileeeh..) Sempet sebel sih, mentoringnya gak jadi, cz aq harus nunggu sendirian sampe’ jam kuliah. Waktu itu aku gak ketemu temen satu jurusanq. Tapi akhirnya, aku ketemu sama temen SMAq. Akhirnya kami berdua pun ngobrol. Nah, di tengah obrolan kami itu, ada anak kecil, cewek. Anak itu bawa karung dan lagi mencari-cari sesuatu di tempat sampah. Seperti gak menemukan apa yang dicari, anak itu seperti kecewa. Aku sama temenku terus saja memperhatikannya. Dia mondar-mandir di dekat tempat duduk kami, sesekali melirik botol plastik minuman yang aku pegang.

Awalnya aku gak paham dengan tingkah laku anak itu. Tapi, setelah temenq ngomong dengan suara setengah berbisik ke aku, “Fiq, dah habis ta minummu ? Itu lho, kasiin sama anak itu. Kayaknya dia nyariin botol-botol plastik kayak gini, deh. ” Akhirnya aku paham. Aku pun memanggil anak kecil itu. “De, sini. .” anak itu mengahampiri kami, “Ini…” aku menyodorkan botol minuman itu. “Makasih, mbak…” anak kecil itu pun tersenyum dan akhirnya berjalan pelan meninggalkan kami, sambil menyapukan pandangannya ke tanah barangkali dirinya menemukan lagi botol plastik yang mungkin bagiku hanya sekedar botol plastik.

Malemnya aku ngenet di rumah sambil dengerin nasyidnya SNADA. Nah, pas giliran lagu judulnya ALIF KECIL yang aku denger, tiba-tiba aku jadi teringat pemulung kecil itu. Dan saat itu juga, muncul inspirasi buat bikin video ini. Nah, besoknya aku baru meng-upload video ini ke Youtube. Terus aku tambahkan ke blogq. Ya… semoga bisa jadi bahan renungan. Apa lagi buat teman-teman sesama mahasiswa di ITS, yang selalu diingatkan akan PFM khususnya yg Sosial Control tuh. ( Hayo… masih inget kan, sama materi pengkaderan dari senior2..) Ayo, aplikasiin.. Biar gak sekedar dapet capek di pengkaderan. Okey frend… <>

ALIF KECIL

Ketika malam datang mencekam
kulihat si Alif kecil yang malang
duduk tengadah kelangit yang kelam
meratapi nasib diri

Kilat menyambar hujanpun turun
semakin basah hatinya yang resah
kapankah semua kini kan berakhir
dijalanan penuh duri

Ya Allah tunjukkan jalan-Mu
pada si Alif kecil
Agar dia dapat menahan cobaan dan rintangan
yang datang menghadang

Ya Allah

Kuatkan hati, pada si Alif Kecil

Agar terbebas dari tirani

Menuju cahya Illahi..

Ya Rabb…

Semoga mereka senantiasa dalam naungan-Mu

Amin…

About video :

pecture : search in google

music : ALIF KECIL by SNADA

made with windows movie maker

12 thoughts on “Ada Pemulung Kecil di Jurusanku

  1. Waduh2 neng baca tulisanmu tuh jadi pingin nangsi rasanya.😦
    Betapa susahnya tu anak buat bertahan hidup, jadi tambah bersyukur nih😀

    Di sini se juga bnyak bahkan lebih memprihatinkan tapi klo berkomunikasi langsung aq lom pernah. hehehehe

  2. Iya, nih aku cuma berbagi pengalaman aja…

    Mg kita semakin peduli sm lingkungan sekitar n mw berbuat sesuatu yg dpt bawa perubahan ke arah positif

    SemAnGadd !!! ^_^

  3. Hidup memang tidak semudah yang kita bayangkan, masih bayak saudara-saudara kita yang terlantar di ruang lingkup Indonesia ini. Kesulitan-kesulitan yang ada merupakan bagian dari perjalanan hidup.
    Mungkin hanya satu hal yang bisa aku sampaikan bahwa “Di Setiap Kesulitan, PASTI Ada Kemudahan” karena itulah mari saling membantu dengan beramal dan mendoakan semoga mereka yang nasibnya kurang beruntung dari kita akan selalu mendapat perlindungan dariNya.
    For Nurakhilla: Keep your blog. Semoga bisa menjadikan kita semua sadar akan lingkungan sekitar.

  4. Yupz, thk_Q so much ! Amin2… ^_^
    Emm… btw,NEAR itu sp yach ??

    ” Di Setiap Kesulitan, PASTI Ada Kemudahan”

    Koq sepertinya…

    Aq kenal banget sama yg ngirim komen ini..

    Hallloww.. siapakah antum ??

  5. Assalamualikum,ukhti? saya fie anak bogor boleh berteman tidak? setelah baca ttg anak jalanan dan di situ ada puisi nya hati sy ternyuh dan kebtlan jg sya snag puisi boleh minta tips utk mnlis puisi yg baik tdk?

  6. Wa’alaikumsalam,,,,

    Makasih ya, buat komennya…🙂

    iya, boleh dong! Aq Fiqih anak Sby

    Klo yg judulx Alif Kecil itu bukan puisi tapi lyrik lagunya Snada.

    Klo kumpulan puisiq sendiri, ada di katagori khusus. “kumpulan puisiku”
    Ya aku juga masih belajar, gak bisa2 banget.

    Selama ini aku bisa bikin puisi karena aku juga sering baca puisinya orang, jadinya terinspirasi, dan setiap kali ada kejadian atau fenomena unik yang menurutku menarik untuk dijadikan puisi, ya aq tulis.

    Tergantung mood jg sih bikinnya. Ya.. yg penting klo udh ada niat ingin bikin, ya segera dibikin, biar inspirasinya dan moodnya gak keburu kabur.

    Ya begitulah, selebihnya mungkin antum pny cara2 sendiri ^_^

    tetep semangat berkarya!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s